Universitas Pancasila Menggelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Bagi Guru BK

Kamis, 24 Jan 2019, 15:32:33 WIB - 139 View
Share
1/3
Universitas Pancasila Menggelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Bagi Guru BK
2/3
Universitas Pancasila Menggelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Bagi Guru BK
3/3
Universitas Pancasila Menggelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Bagi Guru BK

Universitas Pancasila Menggelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Bagi Guru BK Tingkat SMA/SMK/SMF/MA Se-JABODETABEK , Cilegon dan Sukabumi

 

Universitas Pancasila menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru BK SMA/SMK/SMF/MA se-JABODETABEK , Cilegon dan Sukabumi pada Selasa, 15 Januari 2018 di Aula Fakultas Teknik Universitas Pancasila. Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru BK (Bimbingan Konseling) ini dihadiri sebanyak 300 guru BK perwakilan dari wilayah JABODETABEK , Cilegon dan Sukabumi ini, mengangkat tema HOTS (Higher Order Thinking Skill), yang merupakan salah satu isu yang sedang ramai di kalangan guru sebagai pendidik. Berbagai tuntutan dari UU RI No 14 Tahun 2005, implementasi Kurikulum 2013, 4Cs (critical thinking, creative and innovative, communication skills, collaboration, dan confidence) pada Kecakapan Abad-21 dan juga masih rendahnya peringkat Programme for International Student Assessment (PISA) dan Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) menjadi sebab dari hangatnya isu ini dalam dunia pendidikan.

HOTS ini diterjemahkan sebagai Keterampilan Berpikir Tataran Tinggi, namun Higher Order Thinking Skills jauh lebih luas dari sekadar “berpikir”. Beberapa konsep utama yang relevan dengan proses berpikir tingkat tinggi berdasarkan pada tiga asumsi tentang berpikir dan belajar. Pertama, kualitas pemikiran tidak bisa terhalang dari kualitas kegiatan belajar mereka melibatkan keterkaitan berbagai komponen dan tingkat. Kedua, apakah berpikir dapat dipelajari tanpa materi pokok dan hanya pada titik teoritis?. Dalam kehidupan nyata, siswa akan belajar mengenai materi pelajaran melalui pengalaman di komunitas dan sekolah. Tidak peduli apa yang teori simpulkan, konsep dan kosa kata yang mereka pelajari di tahun sebelumnya akan membantu mereka mempelajari keterampilan berpikir tingkat tinggi dan konten baru di masa mendatang. Ketiga, berpikir tingkat tinggi melibatkan berbagai proses berpikir yang diterapkan pada ragam situasi dengan kerumitannya masing-masing.

Melalui metode HOTS ini Guru dapat menciptakan suasana kelas yang nyaman bagi para siswa, contohnya siswa akan merasa bebas untuk menjadi kreatif dalam mengeksplorasi kemampuan diri, berani berargumentasi dan mengajukan pertanyaan, siswa dapat dengan mudah belajar untuk membuat koneksi menghubungkan satu konsep dengan yang lain, siswa dapat belajar untuk membuat kesimpulan dan menyimpulkan dengan memberi mereka contoh nyata, siswa dapat membingkai pikiran mereka dengan cara yang terorganisir dan sistematis melalui peta konsep/peta ide, siswa dapat belajar memecahkan masalah serta menawarkan metode pemecahan masalah yang berbeda, siswa dapat menemukan, membayangkan, dan merancang apa yang mereka pikirkan menggunakan indra kreatif mereka.

Acara ini hadiri oleh Ana Susanti, M.Pd. selaku Widyaiswara Ahli Madya Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga kependidikan Pendidikan Jasmani dan Bimbingan dan Konseling Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (PPPPTK Penjas dan BK) dan sekaligus sebagai pemateri. Pada sesi ini, Ana Susanti akan mengupas secara mendalam mengenai HOTS dan juga implementasi yang dapat dilakukan oleh Guru BK. Pembiacara lainnya yang hadir pada kegiatan ini yaitu Arif Taufiq Dani Abdillah, S.Pd., M.Pd. selaku Widyaiswara Ahli Pertama Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga kependidikan Pendidikan Jasmani dan Bimbingan dan Konseling Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (PPPPTK Penjas dan BK) sebagai pemateri kedua. Tidak hanya memberikan pelatihan Guru BK, pada acara ini Universitas Pancasila juga mensosialisasikan kepada para Guru yang merupakan perwakilan dari setiap sekolah mengenai tata cara pendaftaran untuk penerimaan mahasiswa Baru Universitas Pancasila.  Selain itu, terdapat pula beberapa hiburan seperti games, doorprize dan stand up comedy untuk meramaikan suasana dan membangun hubungan yang menyenangkan antara Guru BK dengan Universitas Pancasila.

Universitas Pancasila berharap dengan diselenggarakannya kegiatan ini dapat memperkaya pendalaman ilmu bagi Guru BK yang hadir sebagai mitra Universitas Pancasila yang sudah menjembatani banyak siswa/siswinya selama ini untuk dapat menentukan pilihan jurusan dan kampus bagi masa depan mereka. Secara khusus Rektor UP, Prof. Dr. Wahono Sumaryono, Apt. berharap agar semakin banyak Sekolah baik SMA/SMK/SMF/MA yang melakukan kerjasama dan menandatangani MoU dengan UP. Pada kegiatan ini diberikan pula rewards sebagai bentuk penghargaan bagi Guru BK melalui program "one get one" untuk kategori SMA Negeri dan Swasta dengan raihan jumlah mahasiswa terbanyak.

 

Humas Universitas Pancasila

Satu Biru, Biru Pancasila

Universitas Pancasila Kampus 1 berlokasi di Jl.Srengseng Sawah, Jagakarsa Jakarta Selatan 12640 dan Kampus 2 berlokasi di Jl.Borobudur No.7 Jakarta Pusat 10320 Email : humas@univpancasila.ac.id Telp kampus 1: (021)78880305,7874344,98880038,7270086 dan Telp Kampus 2 : Program Doktor, Telp (021)3904271,Magister Manajemen, Telp (021)3904269, Magister Akuntansi, Telp (021)7872355, Magister Ilmu Kefarmasian, Telp (021)7864727, Magister Ilmu Hukum, Telp (021)3919013,Magister Teknik Mesin, Telp(021)31926047
23/02/2019 © created by IT PULAHTA Universitas Pancasila -2017 Follow Universitas Pancasila : WhatsappChat Online Facebook Twitter Instagram Linked Youtube