INTERNATIONAL SYMPOSIUM 2017

 

Kamis, 4 Mei 2017 Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila (FIKOM UP) menyelenggarakan kegiatan Symposium International ORBICOM 1. Bertempat di Atlet Century Park Hotel, Jakarta Selatan. Berlangsung selama 3 (tiga) hari dimulai dari tanggal 4 – 7 Mei 2017. Acara ini terselenggara atas kerjasama antara FIKOM UP dengan ORBICOM, UNESCO dan COSDEV. Menurut Prof. Andi Faisal Bakti selaku Convener, UNESCO Chair holder on COSDEV dan Dekan FIKOM UP, kegiatan ini dihadiri oleh delegasi ORBICOM dari 19 negara dari berbagai penjuru dunia. 

Beberapa undangan yang hadir pada kegiatan ini adalah Prof. Intan Ahmad, Ph.D. selaku Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Tun Dr. Mahathir Mohamad selaku Forth Prime Minister (PM) Malaysia periode 1981 – 2003, Fackson Bandaselaku Assistant Director – General for Communication and Information, UNESCO Paris, Prof. Dr. Bertand Cabedoche selaku President of ORBICOM, Prof. Dr. Yves Theoret selaku Secretary General of ORBICOM, Dr. (HC) Ir. Siswono Yudo Husodo selaku Ketua Dewan Pembina Yayasan Universitas Pancasila, Prof. Dr. Edie Toet Hendratno, SH., M.Si. Selaku Ketua Pengurus Yayasan Universitas Pancasila dan Prof. Dr. Wahono Sumaryono, Apt. APU. Selaku Rektor Universitas Pancasila. 

Pada Simposium ini 31 peserta menyampaikan paparannya secara bergiliran dari tanggal 4 – 6 Mei 2017. Tema yang dibahas antara lain soal peran media dalam resolusi konflik selain itu isu yang mengemuka juga terkait jurnalisme damai dan relasinya dengan kondisi dunia hari ini. Kebebasan berekspresi juga menjadi perhatian serta posisi media dalam politik. Isu lain adalah penggunaan Information and Communication Technologies (ICT) dalam kaitannya dengan pembangunan masyarakat. 

Menurut Prof. Andi Faisal Bakti P.Hd., kegiatan ini akan memberikan kontribusi pemikiran tentang jurnalisme damai yang perlu dihadirkan kembali dalam situasi kekinian dunia komunikasi harus memberi sumbangan terhadap terciptanya tatanan dunia yang lebih baik. Beliau juga memaparkan mengenai isu konflik dan media menjadi begitu penting ditengah situasi global yang melanda dunia saat ini berbagai konflik dibelahan dunia merupakan ancaman laten bagi masa depan peradaban.

Pada tanggal 4 Mei 2017 malam, Menteri komunikasi dan informatika Rudiantara menggelar gala dinner  untuk menjamu para peserta symposium di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika. Selain symposium, kegiatan ini juga mengagendakan kunjungan budaya (cultural visit) ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dimana para peserta dari berbagai negara diajak melihat keberagaman Budaya Indonesia.


HUMAS UNIVERSITAS PANCASILA

Info UP

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Marketing UP

Link Kami