PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA BARU (PKKMB) REGULER DAN REGULER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2017/2018

 

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Reguler dan Reguler Khusus tahun akademik 2017/2018 yang diselenggarakan pada tanggal 28 – 31 Agustus 2017. Universitas Pancasila mengangkat tema : 

“MEWUJUDKAN GENERASI MUDA PENERUS BANGSA YANG BERKARAKTER PANCASILA DAN BERKEMAMPUAN IPTEK UNTUK MENDUKUNG DAYA SAING BANGSA”

PKKMB Universitas Pancasila yang diikuti oleh 2309 mahasiswa baru merupakan kegiatan awal sebelum mengikuti proses pembelajaran selanjutnya. 

Tujuan kegiatan Penyambutan dan Pengenalan Mahasiswa Baru adalah membantu para mahasiswa baru Universitas Pancasila agar memiliki kemampuan beradaptasi dengan kehidupan kampus Universitas Pancasila dan segala isi dan lingkungannya, baik bidang akademik maupun non-akademik serta mengenalkan kehidupan kampus, sarana prasarana, sarana kegiatan akademik dan penunjang akademik seperti sarana olahraga, perpustakaan, sarana ibadah serta memperkenalkan lebih dekat apa yang akan mereka pelajari selama tahun kedua hingga tahun-tahun terakhir masa studi mereka. Pada kegiatan ini diberikan pula kesempatan bagi unit-unit kegiatan mahasiswa untuk ajang unjuk gigi sehingga dapat memperoleh anggota sebanyak mungkin. Begitu pula mahasiswa baru dapat melihat atraksi dan pentas seni unit-unit kegiatan mahasiswa secara lebih dekat dan bahkan bertanya langsung sebelum memutuskan untuk mengikuti unit kegiatan mahasiswa tertentu.

Penyambutan dan Pengenalan Mahasiswa Baru diawali dengan sambutan dan pembukaan oleh:

  1. Bapak DR. (HC) Ir. Siswono Yudo Husodo ( Ketua Pembina Yayasan )
  2. Bapak Prof. Dr. Wahono Sumaryono, Apt., (Rektor Universitas Pancasila)

Dalam sambutan nya Rektor Universitas Pancasila Prof. Dr. Wahono Sumaryono, Apt., Universitas Pancasila merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang  dibanggakan secara nasional karena universitas ini menyandang nama  besar Pancasila sebagai dasar negara, ideologi bangsa dan sekaligus falsafah hidup bangsa Indonesia. Oleh karena itu, kesempatan untuk dapat belajar di Universitas Pancasila baik sebagai individu maupun makhluk sosial, baik sebagai sivitas akademika maupun sebagai warganegara harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh mahasiswa. 

Universitas Pancasila memiliki Visi:

    “Menjadi Universitas Unggul dan Terkemuka berdasarkan Nilai-Nilai Luhur Pancasila” 

Adapun Misi nya adalah:

  • Menyelenggarakan proses pendidikan yang bermutu dengan berlandaskan nilai-nilai luhur Pancasila. 
  • Mengembangkan IPTEKS yang unggul dan berwawasan lingkungan dalam rangka meningkatkan kemandirian bangsa 
  • Memberikan layanan pada masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing UKM 

Para mahasiswa baru pada hakikatnya merupakan warga kampus yang baru akan menjalani kehidupan akademik dan kemahasiswaan. Sehubungan dengan hal tersebut Universitas Pancasila menyelenggarakan kegiatan PKKMB atau Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiwa Baru yang dimulai pada pagi hari ini sampai hari Kamis tanggal 31 Agustus 2017. 

Kegiatan PKKMB diselenggarakan dalam rangka: 

  • Menyiapkan mental mahasiswa baru serta memberikan gambaran tentang sistem pembelajaran dan kehidupan di kampus secara utuh menyeluruh. 
  • Pemahaman tentang proses pembelajaran yang efektif tentang berbagai disiplin ilmu dalam Program Studi masing-masing.
  • Kemampuan beradaptasi dengan lingkungan agar proses  pembelajaran berlangsung dalam atmosfir akademik yang kondusif.

Dalam kegiatan tersebut Mahasiswa Baru  diberikan materi “Implementasi Nilai-nilai Luhur Pancasila dalam Kehidupan Kampus, Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara” yang disampaikan Dr. Silverius Y. Soeharso, SE.,MM.,Psi. dengan moderator Dr. M. Ilham Hermawan, SH.,MH serta ceramah Kebangsaan dan Radikalisme dan Pencegahan Terorisme yang disampaikan oleh Brigjend Pol. Ir. Hamli, ME dengan Moderator Dr. Indah Harlina, SH.,MH. 

 

HUMAS UNIVERSITAS PANCASILA

Marketing UP