WISUDA SEMESTER GASAL UNIVERSITAS PANCASILA TA. 2017/2018

 

 

Selasa, 8 Mei 2018 Universitas Pancasila (UP) menggelar acara Wisuda Semester Gasal Tahun Akademik 2017/2018 di Jakarta Convention Center (JCC). Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Pembina, Pengawas, Pengurus, Penasehat dan Anggota Yayasan Pendidikan dan Pembina Universitas Pancasila (YPPUP), Rektor Universitas Pancasila, Prof. Dr. Wahono Sumaryono, Apt. para Koordinator Kopertis Wilayah III, Guru Besar, Para Anggota Senat, Para Pejabat Struktural, Para Dosen dan Karyawan, Seluruh Sivitas Akademika UP, dan Para Wisudawan/wati.

Wisuda kali ini mengusung tema “Membangun Jiwa Kewirausahaan Berbasis Ilmu Pengetahunan dan Teknologi Menuju Entrepreneurial University dan Knowledge Based Society”. Jumlah wisudawan kali ini berjumlah 1.424 orang, yang diharapkan selain berkarakter Pancasila juga menguasai teknologi menuju Entrepreneurial University dan Knowledge Based Society sehingga dapat bersaing pada dunia internasional tanpa meninggalkan jati dirinya sebagai Bangsa Indonesia. Sejak didirikan pada tanggal 28 Oktober 1966 sampai dengan saat ini, UP telah meluluskan sebanyak  56.064 orang wisudawan dari berbagai program studi (prodi) dan jenjang pendidikan yang ada sesuai dengan kompetensi disiplin ilmu masing-masing.

 

Dalam kesempatan ini pula ada beberapa kegiatan baik akademik maupun non-akademik yang telah diselenggarakan dalam periode November 2017-April 2018, diantaranya, capaian akreditasi baik fakultas maupun universitas, dari 27 prodi yang ada di UP ada 12 prodi yang sudah terakreditasi A dan akan terus diupayakan akan bertambah menjadi 17 prodi serta akreditasi institusi dari B akan diupayakan menjadi A, Indeks Prestasi Akademik (IPK) rata-rata lulusan Diploma (D3) adalah 3.08, Sarjana (S1) adalah 3.16, Profesi Apoteker adalah 3.41, Magister (S2) adalah 3.51 dan Doktor (S3) adalah 3.72. Untuk rata-rata lama studi D3 selama 3.74 tahun, S1 4.51 tahun, S2 2.5 tahun, Apoteker 1 tahun, S3 4.12 tahun. Jumlah dosen tetap UP sampai dengan saat ini sebanyak 415 dengan kualifikasi pendidikan Doktor dan Magister. Seluruh mahasiswa UP diwajibkan untuk menguasai Bahasa Inggris dan tersertifikasi TOEFL.

 

 

Universitas Pancasila juga banyak menyelenggarakan kegiatan akademik yang bekerjasama dengan banyak pihak contohnya Pusat Studi Pancasila (PSP) UP bekerjasama dengan MPR RI menyelenggarakan kegiatan sarasehan dengan PSP diseluruh Indonesia bertema ”Pancasila dan Nasionalisme Era Millenial”, Workshop Sustainable Development Goals (SDGs) 2030 menghadirkan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden, Prof. Dr. Sri Adiningsih, Bromo International Field School program edukasi wisata yang iikuti sebanyak 20 mahasiswa dari 9 negara kerjasama antara Fakultas Pariwisata UP dengan University of Westminster Inggris, Focus Group Discussion (FGD) mengenai konsep pertahanan dan keamanan nasional kerjasama antara Fakultas Hukum UP dengan Dewan Pertimbangan Presiden,Seminar Nasional bertema “Peran Perempuan dalam Pengembangan Budaya Hukum” menghadirkan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Dr. (HC). Susi Pudjiastuti, dibidang kerjasama UP juga menyelenggarakan MoU diataranya, MoU Fakultas Farmasi UP dengan College of Pharmacy Chungnam National University, Daejon-Korea Selatan, dan lainnya.

Hadir pula dalam kegiatan ini, Diaspora Indonesia yang sukses di Australia, Iwan Sunito yang merupakan CEO Crown Property Group yang berbasis di Sydney Australia. Beliau hadir memberikan orasi ilmiah dan berbagi ilmu mengenai “Wajah Baru dari Kewirausahaan di Era Millenial dan Berbagai Kisah Inspiratif terkait dengannya”. Memulai bisnisnya sejak tahun 1994 dan sekarang perusahaannya menjadi salah satu perusahaan property terbesar di Australia dengan proyek bernilai milyaran dollar. Hal ini diharapkan bisa menginspirasi banyak wisudawan yang dilantik pada hari ini.











HUMAS Universitas Pancasila

Marketing UP