PERNYATAAN SIKAP SIVITAS AKADEMIKA UNIVERSITAS PANCASILA TERHADAP AKSI TERORISME DI MAKO BRIMOB DEPOK, SURABAYA DAN SIDOARJO

Menyikapi rangkaian aksi terorisme yang menimbulkan banyak korban jiwa yang terjadi di Mako Brimob Depok, Surabaya dan Sidoarjo pada bulan Mei 2018, bersama ini Sivitas Akademika Universitas Pancasila selaku insan akademik yang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai luhur Pancasila menyatakan sikap sebagai berikut:
  1. Menyampaikan rasa keprihatinan yang sangat serius sekaligus duka cita yang sedalam-dalamnya kepada seluruh korban aksi teroris tersebut beserta keluarganya.
  2. Mengutuk keras terjadinya aksi teroris di Mako Brimob Depok, Surabaya dan Sidoarjo yang mengakibatkan banyaknya korban jiwa termasuk anak-anak sebagai penerus generasi bangsa yang tidak bersalah. Perbuatan pelaku teroris tersebut sangatlah bertentangan dengan nilai-nilai luhur Pancasila, norma agama, norma hukum dan budaya bangsa Indonesia yang cinta damai dan anti kekerasan.
  3. Mendukung pemerintah dan aparat penegak hukum untuk mengambil langkah dan/atau tindakan tegas sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk menyelesaikan dan/atau mengungkap aksi teroris tersebut secara tuntas agar di kemudian hari tidak terulang kembali.
  4. Mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersatu dan bersama-sama melawan aksi teroris, radikalisme, serta upaya pihak lain yang ingin mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  5. Mengajak seluruh Sivitas Akademika Universitas Pancasila untuk secara bersama-sama menjaga agar Universitas Pancasila bersih dan/atau bebas dari ajaran radikalisme serta ajaran lainnya yang tidak sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila, norma agama, norma hukum dan budaya bangsa Indonesia.  

Jakarta, 16 Mei 2018

a/n Sivitas Akademika Universitas Pancasila

              ttd. Rektor

Prof. Dr. Wahono Sumaryono, Apt

 

Marketing UP